SSP 2009

Ini adalah posting pertama saya di blog pertama saya. Maklum saya termasuk newbie dalam dunia per-blog-an. Jadi, maaf sekali kalau layout/desain blog ini seadanya.

Dalam postingan pertama ini, saya ingin sharing sebuah program yaitu program untuk mencetak surat setoran pajak tahun 2009. Sebagaimana diketahui berdasarkan PER-38/PJ/2009 bahwa per tanggal 1 Juli 2009 berlaku form SSP baru. Meskipun form lama masih berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2009 (oops… sudah lewat ya ?).

Program ini lebih dikhususkan untuk mencetak SSP di kertas carbonized (pre printed form). Alasannya karena ada beberapa bank pemerintah yang menolak pembayaran SSP dengan kertas biasa dengan alasan memperlambat pelayanan. Meskipun demikian program ini bisa juga digunakan untuk kertas non carbonized, khususnya untuk SSP Nihil.

Program ini juga bisa menyimpan apa yang telah kita input di form SSP (dengan extension file .ssp) ke dalam suatu folder. Dan bisa dibuka kembali bila sewaktu-waktu diperlukan. Hal ini berguna bila anda menangani SSP beberapa perusahaan sekaligus yang tentunya memiliki beberapa NPWP, sehingga anda tidak perlu menghapal satu per satu NPWP tersebut.

Program ini saya buat dalam 2 versi :

1. Version 1.0 Beta version (but Portable)

2. Version 1.0 Full version (Installer, not portable)

Untuk versi beta, ternyata ada error untuk jumlah pembayaran di bawah Rp 1.000 dan untuk mencetak di kertas non carbonized terlalu ke bawah. Versi ini sengaja dibuat portable agar anda bisa mencobanya tanpa perlu menginstall.

Untuk versi full, saya belum sempat untuk memportablekannya.

Telah tersedia SSP 2009 v1.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s